ANALISIS PENGARUH HARGA DAN PROMOSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. TIRTA INDAH ABADI MELA KABUPATEN TAPANULI TENGAH
Abstract
Krisfinus Kardo Mahulae. 2022. Analisis Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Volume Penjualan pada Pt. Tirta Indah Abadi Mela Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi: Program Studi Manajemen Perusahaan STIE Al Washliyah Sibolga/Tapanuli Tengah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Harga dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Tirta Indah Abadi Mela Kabupaten Tapanuli Tengah dengan menarik hipotesis bahwa Ada Pengaruh harga dan promosi terhadap volume penjualan pada PT. Tirta Indah Abadi Mela Kabupaten Tapanuli Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional. Jumlah populasi dalam penelitian yaitu 124 pelanggan dengan sampel dalam penelitian yaitu 31 pelanggan. Seluruh butir pertanyaan menggunakan uji instrument yaitu uji validitas dan reliabilitas. Data penelitian juga menggunakan uji analisis data. Adapun uji dilakukan adalah uji normalitas, uji heteroskedasitas, uji multikolinearitas, dan menggunakan uji koefisien korelasi, uji determinasi, regresi linier sederhana dan uji t dan pengujian serempak/Anova (uji hipotesis). Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang positif antara harga dengan volume penjualan sebesar 0,950, sehingga apabila diinterpretasikan dalam skala nilai dapat dikategorikan korelasi kuat, demikian variabel promosi dengan volume penjualan sebesar 0,925 yang dikategorikan korelasi kuat pada PT. Tirta Indah Abadi Mela. Persamaan regresi yang diperoleh Y = -,485 + 0,565 X1+0,438X2 yang menunjukkan pengaruh Harga dan promosi terhadap volume penjualan. Uji t menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima kebenarannya, dimana t hitung 5,577 > 2,04523, yang berarti hipotesis ada pengaruh harga terhadap volume penjualan diterima kebenarannya, sementara hipotesis ada pengaruh promosi terhadap volume penjualan terbukti signifikan, dimana t hitung lebih besarl dari t tabel (3,421 < 2,04523). Sementara koefisien determinasi diketahui bahwa Harga dan promosi hanya berperan sebesar 93,1 % terhadap Volume penjualan pada PT. Tirta Indah Abadi Mela Kabupaten Tapanuli Tengah dan sisanya sebesar 6,9 % dipengaruhi faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model. Pengujian Hipotesis Ada Pengaruh Harga dan promosi secara serempak terhadap kinerja diterima kebenarannya, dimana Fhitung lebih besar dari F tabel yaitu 25,981 >3,34.